Nice Yummy Resep Enak Untuk Berbagi

Cara termudah untuk Memasak Delicious Mendoan kriuk ala Banyumas

Posted On | Category: Gorengan

Mendoan kriuk ala Banyumas. Dalam bahasa Banyumas, Jawa Tengah, istilah mendoan berasal dari kata 'mendo' yang berarti setengah matang atau lembek. Perlu diketahui, mendoan kriuk adalah inovasi atau pengembangan dari mendoan. Makanan khas asli Banyumas, Jawa Tengah ini adalah panganan berbahan dasar tempe yang dibalut dengan tepung dan bumbu.

Mendoan kriuk ala Banyumas Mendoan khas Banyumas sama seperti mendoan di daerah lainnya. Sama sama terbuat dari tempe sesuai dengan namanya. Setelah itu digoreng hingga setengah matang dan angkat dari penggorengan. Kamu bisa membuat Mendoan kriuk ala Banyumas menggunakan 10 bahan dan 3 langkah. Begini cara memasaknya :

Bahan Dari Mendoan kriuk ala Banyumas

  1. 1 papan tempe segar.
  2. 6 sdm tepung terigu.
  3. 2 sdm tepung tapioka.
  4. 2 siung bawang putih.
  5. Sejumput ketumbar.
  6. Sejumput garam.
  7. Penyedap rasa/kaldu bubuk (sy pakai royco).
  8. Sedikit baking soda/soda kue.
  9. Air es.
  10. Secukupnya minyak untuk menggoreng.

Nah, mendoan tempe khas Banyumas siap dihidangkan dengan saus kecap. Pernah dengar berita tentang geger mendoan di Banyumas beberapa waktu yang lalu? Gorengan seperti mendoan sebenarnya lumrah ada di berbagai kota. Namun yang khas Purwokerto sebagai ibu kota Banyumas memiliki keunikan baik dari segi rasa maupun bentuk.

Langkah Memasak Mendoan kriuk ala Banyumas

  1. Siapkan alat dan bahan. Potongi tempe sesuai selera (kalau saya suka yg agak tebal). Haluskan bawang putih, garam, dan ketumbar..
  2. Masukkan ke dalam mangkuk, tepung tapioka, tepung terigu, penyedap rasa, soda kue..
  3. Masukan bumbu yg sudah dihaluskan tambahkan air es, cek kekentalan. Kalau dirasa sudah pas, goreng di minyak goreng yg panas dengan api sedang sampai kuning keemasan. Sajikan.. dengan cabe rawit hijau lebih sedap..mantap ☺️.

Mendoan adalah salah satu makanan khas Banyumas yang berbahan dasar tempe. Mendoan berasal dari bahasa Banyumasan yaitu mendo yang berarti setengah matang. Makanan ini sagat populer di Kabupaten Banyumas ini, bahkan sudah banyak di kenal di beberapa kota di Indonesia. Kriuk – kriuk untuk membaca artikel selengkapnya dengan klik link di atas. Sekarang kita akan membuat Mendoan Bayam, wow ….